Posted by : Ahmad Abdullah Jumat, 07 Oktober 2011

selamat membaca


Salah satu tren dalam penelitian astronomi masa kini adalah riset planet di luar tata surya atau biasa disebut ekstrasolar atau ekstrasurya. Planet itu didefinisikan sebagi sebuah planet yang terletak di luar tata surya kita atau sistem matahari.

Mengapa planet itu menarik dipelajari dan jadi tren? Johny Setiawan, astronom Indonesia yang tertarik mempelajarinya mengatakan, planet itu menarik sebab bisa digunakan untuk mempelajari keberadaan manusia di bumi dan kehidupan di alam semesta.


"Saya tertarik untuk mempelajari keberadaan kita di alam semesta. Yang paling dekat ya memang mempelajari planet ekstrasurya," katanya. Mempelajari planet itu bisa menjawab pertanyaan apakah manusia di bumi sendirian di alam semesta.

Ia mengatakan, pembelajaran tentang planet ekstrasurya masih dalam tahap awal hingga menengah. "Namun, ilmu pengetahuan tidak ada yang instant," katanya. Butuh waktu lama hingga mencapai kesimpulan.

Kelak, hasil penelitian planet ekstrasurya bisa memiliki andil besar dalam memahami asal muasal tata surya kita, bumi, manusia dan maknanya di alam semesta.

Leave a Reply

Please Comment After Read My Post

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ahmad Alhuraiby - Ahmad Alhuraiby - Powered by Blogger - Designed by Ahmad Alhuraiby -