Posted by : Ahmad Abdullah Rabu, 15 Mei 2013

Selamat Membaca
Penyebab dan Cara mengatasi Error 1935 HRESULT 0x800736CC
Ketika meng-install (memasang) suatu software ke dalam sistem operasi Microsoft Windows 7 tiba-tiba peringatan error keluar saat proses installasi sedang berlangsung atau bahkan ketika proses installasi tinggal beberapa persen lagi, peringatan error keluar yang memaksa proses intallasi digagalkan (rollback) secara otomatis tanpa bisa di tahan. Diantara sekian peringatan error yang keluar diantaranya Error 1935: An error occurred during the installation of assembly component {98CB24AD-52FB-DB5F-A01F-C8B3B9A1E18E}. HRESULT: 0x800736CC atau Error 1935 HRESULT: {9BAE13A2-E7AF-D6C38-A01F-C8B3B9A1E18E} 0x800736CC atau masih banyak lagi variasi peringatan error 1935, lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut?

Beberapa Cara Mengatasi Error 1935 HRESULT 0x800736CC

1. Perizinan yang tidak tepat pada Windows Registry
Cara ini dapat digunakan sebagai langkah pertama ketika kita menemukan error seperti diatas yaitu dengan memberikan hak akses penuh pada software yanga akan di install untuk melakukan perubahan pada Windows Registry. Ikuti langkah dibawah ini:
  • Klik Start, ketik regedit di kotak Start Search, kemudian klik regedit dalam daftar Program tersedia
  • Cari, kemudian klik registry subkey (subkunci registri) berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes
  • Klik kanan pada Classes dan pilih Permissions
  • Sekarang klik Add dan ketik username yang akan diberikan hak akses (grant permissions) dibawah Enter the object names to select dan klik Check Names kemudian klik OK
  • Sekarang pilih username yang telah di ketik dari nama grup atau pengguna (Group or user names) dan pilih (check) Full Control under Permission for (Kontrol Penuh di bawah Izin untuk)
  • Klik Apply dan OK kemudian cobalah menginstal ulang perangkat lunak mengalami kegagalan sebelumnya
Catatan : Langkah-langkah diatas merupakan langkah berpengaruh terhadap perubahan registry. Hal ini bisa saja menimbulkan masalah serius berikutnya jika perubahan registry yang dilakukan tidak benar pada nilai-nilai registry-nya. Untuk itu, pastikan bahwa anda melakukannya dengan hati-hati. Untuk mengurangi resiko kegagalan registry buatlah cadangan (backup) registry sebelum melakukan perubahan pada registry. Sehingga kita dapat memulihkan registry ketika terjadi masalah setelah proses installasi. Untuk artikel pembuatan cadangan registry klik disini (berbahasa Inggris) atau tunggu artikel "Membuat Cadangan (Backup) Registry".

2. Non Aktifkan AntiVirus sementara waktu
Berikut ini adalah langkah lanjutan jika masih terjadi peringatan error setelah melewati cara pertama. Cobalah untuk menonaktifkan antivirus sementara waktu kemudian install program yang mengalami masalah sebelumnya. Jika setelah antovirus dinonaktifkan tidak terjadi masalah (error) pada proses installasi dan tidak terjadi error pada program yang sudah di install maka kita harus melakukan pengaturan pada Firewall pada perangkat lunak keamanan.
Catatan : Pastikan untuk mengaktifkan kembali antivirus setelah selesai melakukan proses installasi. Menonaktifkan antivirus dalam jangka lama tidak dianjurkan. Mematikan sementara antivirus hanya sebuah solusi untuk mengatasi masalah error diatas. (Artikel menonaktifkan antivirus versi Windows)

3. Membersihkan Boot
Langkah ini dilakukan jika 2 cara diatas belum juga menuntaskan masalah error yaitu membersihkan konfigurasi boot seperti dibawah ini:
  • Klik Start, ketik "msconfig" (tanpa tanda kutip) di kotak Start Search, kemudian tekan Enter untuk memulai System Configuration Utility.
  • Pada tab General, klik Selective Startup, dan kemudian klik kotak item untuk membersihkan Load startup. (Penggunaan cek box Boot.ini tidak tersedia).
  • Pada tab Services, klik kotak centang untuk memilih Hide all Microsoft services (Sembunyikan semua layanan Microsoft), kemudian klik Disable all (Nonaktifkan semua). Klik OK, kemudian klik Restart.
Catatan : Pastikan anda mengembalikan settingan komputer ke Normal Startup setelah masalah terselesaikan.

4. Install Microsoft Visual C++ 2005
Jika ketiga langkah diatas masih juga belum menyelesaikan masalah, kemungkinan sistem operasi membutuhkan patch (tambalan) Microsoft Visual C + + 2005 versi baru, silahkan unduh dan install Microsoft Visual C + + 2005 Paket Layanan 1 (SP1) Redistributable Package dari Microsoft Download Center sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Klik link dibawah ini sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan :

5. Microsoft .Net framework bermasalah atau rusak
Langkah berikut merupakan cara yang tidak direkomendasikan namun mudah-mudahan bisa memberikan solusi atas masalah error diatas, yaitu dengan mematikan Windows Installer (msiservice).
  • Buka Control Panel
  • Klik dua kali (double-click) Administrative Tools
  • Klik dua kali (double-click) Services kemudian klik kanan pada Windows Installer service dan klik Stop

Selamat mencoba mudah-mudahan Error 1935 HRESULT 0x800736CC dapat diatasi dan proses installasi program dapat berjalan lancar.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

Please Comment After Read My Post

- Copyright © 2013 Ahmad Alhuraiby - Ahmad Alhuraiby - Powered by Blogger - Designed by Ahmad Alhuraiby -