Posted by : Ahmad Abdullah Jumat, 19 Agustus 2011

Pernah liat ndak start menu yang kacau balau karena kebanyakan software yang terinstall dan tidak ditata?

Hmmm pernah dunk, karena kebanyakan user saya liat seperti itu. Folder-folder yang ada di Start Menu itu gak pernah di utak-atik dan bahkan mengurutkan berdasarkan abjad pun gak pernah dilakukan. Hasilnya??? Sudah ditebaklah... kalo mau menjalankan program pusing, karena kebanyakan yang udah terinstall. Hehehehe

Btw... udah tau kan start menu itu apa? Itu lo yang ada tulisan start di sudut kiri bawah, kalo kita klik akan muncul semacam pop up gitu, terus kumpulan program yang pernah terinstall ada di all program. Kalo masih belum tau ini ane kasih skrinsut-nya


Please click at picture to enlarge size


Naah dah pada tau kan start menu itu yang mana. Kalo dah pada tau, silahken klik all program-nya, gimana? Rapi atau ndak? Mau dibiarin kaya gitu atau mau dibikin perkategori, biar rapi? Itu sih terserah Anda, kalo anda sudah merasa nyaman dengan keadaan itu, yaa gak usah diapa-apain, hehehehe

Berhubung saya kurang suka dengan keadaan seperti itu, yaa akhirnya saya bikin perkategori dah di start menu itu. Misalnya, Microsoft Office, adobe acrobat saya taro di folder worksheet terus program-program pemutar musik dan video seperti jet audio, winamp, kmp,dll saya taro di folder multimedia. Coba liat skrinsut punya saya:


Please click at picture to enlarge size

Gimana? Jadi lebih rapi kan, dibanding dibiarin gak beraturan.

Oke sekarang adalah bagaimana cara bikin seperti itu. Perlu diketahui, folder-folder program di start menu ini diletakkan di salah satu folder ini (all user dan nama user). Kan ada tuh yang software yang hanya bisa jalan di admin saja (user biasa gak bisa menjalankannya).

Sekarang silahken akses folder ini C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs, nahh di dalam folder ntuh, semua shortcut yang bisa dijalankan oleh All User ada di sana. Silahkan bikin folder di sana untuk coba-coba, terserah namanya apa. Kemudian silahkan cek lewat start menu, ada gak folder yang sudah anda bikin tadi. Kalo ada berarti anda sudah sukses, hehehehe silahkan di cut saja shortcut aplikasinya ke folder yang sudah anda bikin sesuai dengan kategorinya.

Ntar kan ada beberapa software yang ke dobel, maksudnya walau udah di cut, tapi tetap muncul, naah untuk membuatnya sama silahken akses di C:\Documents and Settings\nama_user\Start Menu\Programs. Ntar muncul deh beberapa shortcut yang tadi masih keliatan.

Hehehehe bingung yaa? Jangan bingung bro... coba aja dulu, santai aja pasti bisa kok.

Atau mau gampang, bikin aja dulu kategorinya satu persatu di C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs, terus drag folder yang isinya shorcut program ke folder yang tadi sudah di buat per kategori.

Kalo ndak bisa di drag, silahkan setting dolo, dengan cara klik kanan di task bar---properties---startmenu---customize---adavanced, terus centang pada bagian enable dragging and dropping.

Oke... semoga berhasil....

Leave a Reply

Please Comment After Read My Post

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ahmad Alhuraiby - Ahmad Alhuraiby - Powered by Blogger - Designed by Ahmad Alhuraiby -